6 Cara Mengatasi Anemia Dengan Alami Dan Cepat

Shootfirstlaw – Anemia disebabkan oleh kurangnya sel darah merah di dalam tubuh, sehingga oksigen tidak mengalir ke seluruh tubuh dengan benar yang mengakibatkan penderita anemia mudah lelah. Anemia merupakan penyakit yang tidak boleh disepelekan juga, karena bisa mencapai tingkat keparahan yang berat. Ini akan berpengaruh terhadap kadar hemoglobin di dalam tubuh kamu.

Tingkat keparahan penyakit anemia dilihat dari jumlah kada hemoglobin di dalam tubuh. Jika laki laki di bawah 14 gram per desiliter, dan 12 gram per desiliter untuk wanita. Tingkat keparahan anemia yang paling berat jika kadar hemoglobin sudah di bawah 8 gram per desiliter. Anemia disebabkan oleh beberapa faktor, tidak hanya karena kekurangan hemoglobin saja. Tapi bisa karena kekurangan zat besi, sedang masa kehamilan, pendarahan, kerusakan sumsum tulang, penghancuran sel darah merah lebih cepat dibanding pembentukannya, mutasi genetik pada hemoglobin, mutasi gen yang mempengaruhi produksi hemoglobin, dan penyakit HIV, ginjal, rheumatoid arthritis, kanker, dan penyakit crohn.

Anemia juga memiliki beberapa gejala atau ciri ciri, ciri ciri anemia seperti cepat lelah, cepat lemas, sakit kepala, pusing, sering mengantuk setelah makan, napas pendek, detak jantung tidak teratur, kulit pucat, kulit kekuningan, dingin pada tangan, dingin pada kaki, dan sakit di dada.

Ada banyak cara mengatasi anemia yang bisa kamu lakukan, berikut penjelasan Poker Online lebih lanjutnya.

Cara Mengatasi Anemia

1. Buah Kurma

Kurma merupakan buah yang mempunyai banyak manfaat untuk tubuh, buah kurma mengandung banyak nutrisi, yaitu mineral, protein, tembaga, serat, zat besi, vitamin B6, dan kalori tinggi yang cocok untuk penderita anemia.

Cara mengatasi anemia dengan kurma bisa dikonsumsi 2 sendok sehari atau bisa dibuat jus agar lebih lezat dan diminum 2 kali sehari.

2. Daging Merah

Daging merah merupakan makanan yang kaya akan vitamin B12 yang berfungsi untuk memancing sum sum tulang belakang untuk memproduksi sel darah merah. Selain vitamin B12, daging merah juga mengandung zat besi.

Jenis daging merah yang bisa kamu konsumsi adalah daging domba, daiging kambing, dan daging sapi. Namun, kamu juga harus mengatur konsumsi daging merah ini ya… Karena mengandung kolesterol.

3. Buah Bit

Buah bit merupakan resep penambah darah yang sudah ada dari dulu. Karena buah bit mengandung zat besi yang bisa meningkatkan sel darah merah dan mengatasi darah rendah. Kamu bisa membuat jus buah bit dengan menggunakan air, es, dan wortel.

4. Kacang Hijau, Kacang Polong, Kacang Merah

Kacang hijau, kacang polong, dan kacang merah adalah jenis kacang kacangan yang dapat mengatasi anemia karena kandungan asam folat dan vitamin B9 yang tinggi, sehinggga bisa meningkatkan jumlah sel darah merah (hemoglobin). Ketiga jenis kacang kacangan tersebut mempunyai nutrisi yang sama untuk tubuh.

5. Buah Delima

Buah delima mengandung zat besi yang bisa mengatasi sakit kepala yang disebabkan oleh anemia. Cara mengatasi anemia dengan buah delima adalah dengan mencampurkan buah delima, jeruk nipis, madu dan air yang diblender sehingga mempunyai rasa yang lezat dan bermanfaat untuk penderita anemia.

6. Gandum

Gandum merupakan sumber karbohidrat untuk tubuh manusia. Gandum mempunyai mineral dan tembaga yang tinggi yang bisa mengatasi anemia dengan alami.

Kamu bisa mengganti menu sarapan kamu dengan gandum atau jika tidak ada gandum bisa diganti dengan sereal atau roti.

Itu dia 6 cara mengatasi anemia dengan cepat dan alami, semoga penyakit anemia kamu cepat sembuh ya…