Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk

Shootfirstlaw – Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk dilakukan untuk mengurangi rasa gatal dan bintik merah yang mengganggu. Ketika terlalu sering menggaruk, kulit bisa saja iritasi bahkan sampai meninggalkan bekas.

Tips Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk

Namun tenang, bekas gigitan itu bisa dihilangkan dengan cara yang alami. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk:

1. Gunakan Oatmeal

Campur oatmeal dengan air sampai membentuk pasta dan masukkan ke waslap lalu tempelkan pada kulit sekitar 10 menit. Jika bekas gigitan terlalu banyak, campurkan oat bubuk dalam air hangat dan berendamlah selama 20 menit.

Gosokkan juga gumpalan oatmeal di bak mandi sebagai cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk yang menghitam.

2. Gunakan Baking Soda

Gunakan pasta yang berasal dari campuran 1 sendok makan baking soda dengan air untuk dioleskan pada bekas gigitan. Kemudian diamkan selama kurang lebih 10 menit lalu cuci dengan air bersih.

Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk yang sudah menghitam ini harus dihentikan jika terjadi iritasi kulit.

3. Gunakan Daun Basil

Gunakan setengah ons daun basil kering untuk direbus dengan 2 gelas air hingga mendidih dan biarkan sampai dingin. Siapkan waslap dan celupkan lalu gosokkan dengan lembut pada bekas gigitan nyamuk.

Alternatif kedua adalah dengan menggunakan daun basil segar yang dipotong sampai halus.

4. Oleskan Cuka Apel

Selain mengurangi sensasi perih dan terbakar, cuka apel juga bisa bertindak sebagai desinfektan alami. Ini akan sangat berguna ketika kamu terlalu banyak menggaruk.

Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada anak bisa dengan mengoleskan setetes cuka apel di atasnya.

5. Oleskan Bawang Merah

Iris bawang merah dan oleskan secara langsung selama beberapa menit pada bekas gigitan. Kemudian buang bawang lalu bilas dan cuci dengan baik menggunakan air bersih.

Bawang merah di sini akan mengurangi perih dan iritasi yang ditimbulkan pada bekas gigitan nyamuk.

Cek juga: Cara mengatasi anemia

6. Oleskan Madu

Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk di wajah menggunakan madu tergolong cukup efektif. Selain baik untuk kulit wajah juga menghilangkan bekas gigitan serta menyembuhkan luka dengan aman.

Termasuk mencegah infeksi serta mengurangi peradangan dan godaan untuk menggaruk karena lengket.

7. Oleskan Gel Lidah Buaya

Hilangkan bekas gigitan nyamuk secara mudah dengan memotong sebagian kecil batang lidah buaya. Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk di kaki menggunakan lidah buaya, oleskan gelnya ke area yang teriritasi.

Kemudian biarkan sampai kering dan gunakan lagi sesuai kebutuhan supaya luka ringan segera sembuh dan infeksi mereda.

8. Lakukan Kompres Dingin

Metode kompres dingin ini bisa dilakukan sebagai cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi. Isi kantong dengan es yang dihancurkan dan beri pembatas lalu tempelkan selama lima menit, jangan lebih.

Letakkan kompres dingin pada kulit yang terkena gigitan nyamuk supaya efek gigitannya mereda dan peradangan berkurang.

9. Gunakan Pasta Gigi

Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk dengan pasta gigi bisa dikombinasikan dengan lemon. Oleskan potongan lemon kemudian pasta gigi dan diamkan selama beberapa menit lalu bilas dengan air bersih.

10. Memanfaatkan Witch Hazel

Gunakan sedikit witch hazel untuk dioleskan ke bola kapas lalu usap lembut pada bagian kulit yang digigit nyamuk. Diamkan sampai mengering dan bersihkan untuk kemudian diulangi lagi sesuai kebutuhan.

Ketika dioleskan ke kulit, kandungan tanin dalam witch hazel akan berfungsi sebagai astringen.

Berbagai cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk di atas tergolong alami dan sangat mudah diterapkan. Semoga kamu tidak terganggu lagi dengan bekas gigitan nyamuk di kulit.