7 Cara Mengobati Kurap Dengan Bahan Alami Yang Ampuh

Shootfirstlaw – Kurap merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi jamur di kulit, biasanya kurap berada di area wajah, kepala, dan selangkangan.

Penyebaran kurap ini terjadi jika kamu berkontak langsung dengan orang yang mengalami kurap juga, selain itu juga bisa disebabkan oleh udara yang panas dan lembab, sering bertukar pakaian pribadi dengan orang lain, dan lainnya.

Kurap juga bisa disebabkan oleh pemakaian handuk bersama dengan orang yang mengalami kurap, tidur bersama orang yang mengalami kurap, memiliki sistem imun yang lemah, menggunakan pakaian yang ketat, kelebihan berat badan, dan menggunakan kaos kaki serta sepatu yang kotor atau tidak pernah dicuci.

Kurap memiliki ciri ciri seperti lingkaran kecil yang memiliki warna merah yang biasanya terdapat di kepala, wajah, janggut, kulit tubuh, tangan, selangkangan, kuku, dan kaki. Jika dibiarkan, kurap bisa menjadi masalah yang harus diwaspadai, karena kurap disebabkan oleh infeksi bakteri, nanti bisa bisa seluruh tubuh kamu terserang oleh bakteri tersebut.

Untuk cara mengobati kurap, kamu bisa melakukannya sendiri di rumah dengan bahan bahan alami yang mudah kamu temukan di dapur. Berikut obat tradisional untuk mengobati kurap yang ampuh.

Cara Mengobati Kurap

1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa ternyata bermanfaat untuk menghilangkan kurap yang ada di kulit loh. Karena kandungan antimikroba dan antijamur di dalam minyak kelapa bisa menyerap di kulit. Cara menggunakan minyak kelapa untuk mengobati kurap adalah dengan dihangatkan menggunakan microwave, dan dioleskan ke bagian kulit yang ada kurapnya.

2. Minyak Pohon Teh

Selain minyak kelapa, minyak pohon teh juga bermanfaat untuk mengatasi kurap di kulit. Namun, tidak semua kulit cocok untuk menggunakan minyak pohon teh ini. Kamu bisa mengoleskan langsung minyak pohon teh ke kulit 2 – 3 kali sehari.

3. Kunyit

Para ahli telah meneliti bahwa kunyit mempunyai kandungan yang bersifat anti jamur dan anti radang. Untuk menggunakan kunyit, kamu bisa menjadikan kunyit sebagai salep seperti minyak kelapa, atau bisa juga dicampurkan pada minuman atau makanan yang kamu konsumsi.

4. Akar Manis

Akar manis atau licorice merupakan tanaman yang mempunyai kandungan antivirus, antiradang, dan antimikroba yang bisa dijadikan obat untuk menyembuhkan kurap. Untuk membuat salep dari akar manis adalah, campurkan bubuk akar manis dengan air, dan direbus dengan api kecil selama 10 menit, setelah itu aduk hingga kental dan dioleskan ke bagian kulit yang mengalami kurap.

5. Lidah Buaya

Lidah buaya juga bisa menghilangkan kurap dan mengatasi gatal pada kulit. Kamu bisa membeli salep yang menggunakan gel lidah buaya. Dan mengoleskannya langsung ke kulit yang terdapat kurap 3 kali sehari.

6. Garam

Selain bisa mengobati sakit gigi, garam yang dicampur dengan air juga bisa untuk mengatasi kurap. Garam yang telah dicampur dengan air hangat bisa kamu oleskan ke kulit dan didiamkan selama 5 sampai 10 menit, agar hasilnya maksimal kamu bisa mengoleskan campuran air dan garam ini sebanyak 3 kali sehari.

7. Cuka Apel

Cuka apel juga menjadi obat yang ampuh untuk mengatasi kurap karena kandungan anti jamur yang dimilikinya. Kamu tinggal mengoleskan selama 3 kali sehari pada bagian kulit yang terkena kurap.

Selain mengatasi dengan obat tradisionel di atas, kamu juga harus mencegah agar kurap tidak menyerap, karena ini adalah penyakit yang mudah menular, kamu tidak boleh menggunakan pakaian atau perlengkapan orang lain, rajin cuci tangan setelah keluar rumah, dan harus menggunakan pakaian yang kering. Selain itu jika kamu mempunyai hewan peliharaan, pastikan ia sehat dan tidak terkena kurap.