Gejala Usus Buntu

Shootfirstlaw –¬†Usus buntu merupakan sebuah penyakit yang terjadi pada usus yang berada pada perut Anda yang mengalami kebuntuhan atau hambatan sehingga fungsi dari usus menjadi terhambat dan tidak sesuai dengan seharusnya. Penyakit ini bukanlah sebuah penyakit ringan yang dapat Anda biarkan begitu saja dan berharap akan sembuh dengan sendirinya.

Bila Anda mengalami usus buntu maka akan dilakukan beberapa tindakan seperti operasi pemotongan usus yang buntu. Penyakit ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti adanya penumpukan kotoran yang mengeras menyebabkan tidak terjadinya metabolisme dengan baik, faktor kedua adalah bagian folikel limfoid yang membesar sehingga terjadi penyumbatan. Tidak hanya itu saja faktor yang bisa menyebabkan usus buntu adalah benda asing yang berhasil masuk ke dalam usus.

Selain itu penyebab lainnya adalah cacing usus atau parasite yang terlalu banyak yang berada di dalam perut Anda. Sebuah cedera traumatis yang disebabkan oleh biji cabai juga dapat menyebabkan usus buntu, selain itu tumor juga bisa menjadi penyebab penyakit ini. Bila usus buntu Anda tersumbat maka akan menyebabkan bakteri yang ada di dalam tubuh Anda akan berkembang biak dan menyebabkan rasa sakit pada tubuh Anda yang sangat menyiksa.

Gejala Berbahaya Usus Buntu

Untuk mengurangi resiko semakin parahnya penyakit ini, maka Anda wajib mengetahui gejala dari penyakit ini. Berikut ini gejala usus buntu yang wajib untuk Anda ketahui.

1. Nyeri Mendadak

Gejala pertama yang bisa Anda rasakan adalah seringnya terjadi nyeri mendadak yang biasanya mulai terjadi pada bagian sisi kanan bawah perut Anda. Hal ini akan sangat mengganggu Anda dan tentunya akan menyebabkan perasaan tidak nyaman akibat kesakitan. Rasa nyeri yang terjadi tidak hanya pada bagian perut kanan bawah saja tetapi juga biasanya terjadi rasa nyeri bagian pusar yang bergerak sakit menuju perut kanan bawah.

Baca juga: Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk

2. Rasa Sakit Memburuk Saat Batuk

Rasa sakit akibat penyakit usus buntu ini tidak hanya rasa nyeri biasa dan akan membaik seiring waktu. Namun penyakit ini adalah penyakit dengan rasa sakit yang sangat mencekam bahkan ketika Anda batuk saja maka Anda akan merasakan sakit yang luar biasa dahsyatnya. Bukan hanya saat batuk saja, namun ketika Anda melakukan peregangan Anda juga akan merasakan sakit tersebut.

3. Mual dan Muntah

Gejala usus buntu berikutnya adalah Anda akan merasakan mual yang luar biasa di sepanjang waktu dan bahkan menyebabkan Anda muntah tidak hanya satu kali, tetapi berkali-kali. Setiap Anda memakan sesuatu maka Anda akan merasa mual dan ingin memuntahkannya kembali.

4. Kehilangan Nafsu Makan

Setiap penyakit pasti akan menyebabkan seseorang kehilangan nafsu makannya, begitupun dengan penyakit ini yang akan menyebabkan Anda kehilangan nafsu makan. Sehingga akan menyebabkan berat badan Anda turun secara drastis. Sebab setiap kali ada yang masuk ke dalam mulut pasti Anda akan merasa mual dan semua makanan akan terasa sangat pahit.

5. Demam

Bahkan penyakit ini dapat menyebabkan Anda merasakan demam yang bisa mencapai suhu 40 derajat celcius. Durasi dari demam ini tidaklah sebentar sebab dapat berhari-hari dan terasa sangat begitu tidak enak.

Baca juga: Cara memanjangkan rambut

6. Sembelit serta Diare

Gejala lainnya adalah Anda akan mengalami sembelit serta diare, namun sangat sulit untuk melakukan pembuangan sebab akan terasa sangat sakit dibagian perut jika Anda mengedam.

7. Perut Terasa Kembung

Gejala terakhir adalah Anda akan merasakan perut Anda terasa kembung sehingga menyebabkan ketidaknyamanan pada Anda, perut terasa sangat penuh dengan angin.

Itula beberapa gejala usus buntu yang harus Anda ketahui terlebih jika Anda seseorang yang hobi memakan makanan pedis seperti cabai dan lainnya yang memiliki rasa panas jika dikonsumsi.