Perbedaan Samsung Galaxy A32 dan A52

Shootfirstlaw – Bertengger di portal resminya, Samsung Galaxy A32 5G dan Samsung Galaxy A52 5G siap menyokong industri smartphone global. Kedua ponsel yang lahir di lini A ini memiliki kesamaan dalam beberapa hal, salah satunya terlihat jelas adalah hadirnya jaringan 5G yang mendorong kecepatan komunikasi dan internet yang jauh lebih cepat dibandingkan versi 4G.

Selain itu, dari segi konektivitas, keduanya juga memiliki kesamaan, antara lain hadirnya teknologi NFC, USB (Type-C 2.0 dan On-The-Go), Bluetooth 5.0 edition, Wi-Fi, hingga sistem navigasi yang diproduksi oleh beberapa perusahaan. . A32 5G dan A52 5G juga tampil dengan tampilan warna senada, yakni Awesome Black, Awesome White, Awesome Violet, dan Awesome Blue.

Apakah Anda menemukan perbedaan antara Samsung Galaxy A32 5G dan Samsung Galaxy A52 5G setelah membaca spesifikasi di atas? Jika tidak, Cari Signal akan mengajak Anda untuk mencari tahu apa saja perbedaan dari kedua ponsel Samsung ini. Tanpa basa-basi lagi, langsung saja simak penjelasannya di bawah ini:

1. Kompetisi di tingkat tubuh

Bagi Anda yang mengamati bodi, perlu diketahui bahwa Samsung Galaxy A32 5G dan A52 5G memiliki pengaturan yang berbeda dalam hal ini. Pengguna yang mencari ponsel pertumbuhan ringan tampaknya dapat menggunakan Galaxy A52 5G karena beratnya hanya 189 gram, sedangkan Galaxy A32 5G lebih besar dengan 205 gram.

Lain halnya dengan dimensi bodi, yang kebetulan Galaxy A32 5G lebih besar dan tebal, berukuran 164.2 x 76.1 x 9.1mm. Sedangkan Galaxy A52 5G tampil dengan bodi yang sedikit lebih kecil dan ramping dengan dimensi 159,9 x 75,1 x 8.4mm. Meski demikian, Galaxy A32 5G dan Galaxy A52 5G tetap nyaman digenggam.

Juga, seperti yang kita semua tahu, banyak produsen ponsel sekarang sensitif terhadap kondisi lingkungan dan cuaca, terutama saat transisi, hujan terkadang tidak dapat diprediksi. Jadi, melalui Galaxy A52 5G, Samsung telah memasukkan teknologi tahan debu dan air yang mampu bertahan di kedalaman satu meter selama 30 menit.

Tak heran, dengan kemampuan tersebut, Galaxy A52 5G berhasil meraih sertifikat IP67. Sayangnya, untuk Galaxy A32 5G, pihak pabrikan tidak menyertakan kemampuan berendam dalam air dan tahan debu selama proses pembuatannya.

2. Diferensiasi teknologi tampilan

Mari beralih ke beberapa teknologi tampilan yang menarik untuk dijelajahi untuk membahas perbedaan antara kedua ponsel Samsung A-series.

Pengguna Samsung Galaxy A32 5G akan dihadapkan pada tampilan panel TFT (Thin Film Transistor) yang menawarkan kualitas lebih baik namun memiliki kekurangan yaitu memiliki sudut pandang dan visibilitas yang rendah, terutama saat terkena sinar matahari yang memantulkan sinar matahari.

Berbeda dengan Samsung Galaxy A52 5G yang terlihat lebih unggul dari segi tipe layar. Ponsel ini dilapisi dengan panel Super AMOLED, yang dapat menampilkan pilihan warna yang lebih luas dan memberikan tampilan yang lebih jelas. Apalagi refresh rate-nya juga mencapai 120Hz dengan tingkat kecerahan yang cukup tinggi yakni 800 nits.

Dari segi ukuran layar kedua ponsel 5G ini memiliki desain 6,5 inci yang ringkas, namun Samsung Galaxy A52 5G memiliki rasio screen-to-body 84,1% lebih besar dibandingkan dengan Samsung Galaxy. 81,6%. . Semakin tinggi rasio layar-ke-tubuh, semakin banyak bezel yang akan didorong ke samping bingkai dan memungkinkan pengguna merasa nyaman melihat layar.

Kedua perangkat Samsung ini memiliki konsep desain yang hampir mirip. Samsung menggarap Galaxy A32 5G dengan konsep Water Drop, terdapat bentuk seperti titik embun di tengah layar sebagai tempat persembunyian kamera selfie dan berbagai sensor lainnya.

Sementara itu, Galaxy A52 5G mengusung konsep Punch Hole yang terlihat seperti lubang di bagian tengah atas layar. Untuk pemakaian sendiri tetap sama, yaitu memasang sensor kamera depan dan sensor lainnya. Cara membedakannya dengan Water Drop, biasanya layar ini tidak menyertakan bezel.

Disusul dengan kerapatan piksel Galaxy A32 5G yang mentok di 270 ppi. Sedangkan jika melihat kerapatan gambar Galaxy A52 5G melebihi ekspektasi pengguna, yakni 407 dpi. Semakin tinggi kerapatan pikselnya, bisa menjadi bukti bahwa layar ponsel memiliki ketajaman yang baik dan kualitas yang jernih.

Perbedaan terakhir yang muncul pada pengaturan layar antara dua ponsel Samsung terakhir adalah lapisan pelindung layar. Sayangnya, Galaxy A32 5G tidak memiliki pelindung untuk melindungi layar dari benturan atau goresan benda tajam, sehingga pengguna disarankan untuk membeli casing yang empuk atau anti gores.

Dari segi proteksi, tampaknya pengguna Galaxy A52 5G tersenyum tenang karena Samsung telah memberikan lapisan pelindung bernama Corning Gorilla Glass 5. Lapisan pelindung ini menjanjikan layar perangkat akan tetap utuh dan mulus meski rusak. dari ketinggian. . 1,6 meter pada permukaan yang keras atau kasar.

3. Miliki jeroan ayam itik yang berbeda

Kedua ponsel kelahiran 2021 ini berpeluang menjajal sistem operasi terbaru, yakni Android 11 dengan antarmuka One UI 3.1. Salah satu fitur baru untuk dicoba adalah Object Eraser, yang memungkinkan pengguna untuk melewati pengeditan manual untuk menghapus objek dari gambar.

Namun jeroan keduanya ternyata diracik oleh chipset yang berbeda. Untuk Samsung Galaxy A32 5G berbasis MediaTek MT6853 Dimensity 720 5G yang memiliki proses 7 nanometer. Sementara itu, Samsung Galaxy A52 5G menghadirkan prosesor besutan Qualcomm SM7225 yakni Snapdragon 750 5G dengan teknologi manufaktur 8 nanometer.

Untuk menunjang performanya, kedua perangkat Samsung tersebut jelas memiliki pengaturan prosesor yang berbeda. Samsung Galaxy A32 5G memiliki prosesor delapan inti yang terdiri dari dua inti Cortex-A76 dengan clock 2,0 GHz dan enam Cortex-A55 yang mampu berakselerasi hingga 2,0 GHz, yang menjanjikan untuk meningkatkan aktivitas multitasking.

Tak mau ketinggalan, Samsung Galaxy A52 5G juga menawarkan performa andal untuk memenuhi dan menyelesaikan berbagai tugas mobile sehari-hari penggunanya. Hal ini berkat prosesor Octa-core yang dipadukan dengan dua Kryo 570s dengan clock speed 2.2GHz dan enam core Kryo 570 yang bisa berjalan hingga 1.8GHz.

Begitu pula dengan GPU yang diusung kedua smartphone ini, tentunya dalam proses pembedaan diri. Kehadiran GPU sendiri dalam sebuah ponsel berguna untuk menyempurnakan dan mengelola tampilan visual, animasi, dan grafis.

Nah, Samsung Galaxy A32 5G telah memutuskan untuk berkolaborasi dengan Mali-G57 MC3, sedangkan Adreno 619 telah ditunjuk Samsung Galaxy A52 5G untuk GPU-nya.

Mendukung performa yang lincah juga tak lekang oleh waktu, Samsung Galaxy A32 5G hadir dengan berbagai kombinasi ruang penyimpanan antara lain 4/64 GB, 4/128 GB, 6/128 GB, dan 8/128 GB. A52 5G yang menawarkan beberapa varian ruang penyimpanan, yakni 6/128 GB, 8/128 GB, dan 8/256 GB.

Semakin besar ukuran ruang penyimpanan, semakin lancar dan cepat perangkat dapat berjalan, dan semakin banyak aplikasi berat yang dapat diinstal pengguna.

Dari nyali yang diusung Samsung Galaxy A32 5G, perangkat ini berhasil meraih skor AnTuTu v8 sebesar 249.720. Kemudian untuk Samsung Galaxy A52 5G yang berada di atas 330,00 bisa dikatakan performanya lebih unggul.

4. Ruang dalam pengaturan kamera

Buat kamu yang hobi vlogging dan foto-foto, siap-siap dimanjakan dengan kamera kedua smartphone Samsung ini.

Kedua ponsel memiliki fungsi LED flash untuk memaksimalkan pencahayaan selama proses pengambilan gambar, fungsi panorama untuk menghasilkan gambar yang lebar atau panjang, dan fungsi HDR untuk mencapai kecerahan dan titik fokus yang diinginkan.

Namun, masing-masing perangkat tersebut memiliki modulus yang berbeda dan menghasilkan ruang atau jarak dari segi ukuran.

Dimulai dengan sistem videografi kamera belakang Galaxy A32 5G yang menawarkan resolusi 4K@30fps dan 1080p@30/120fps, sedangkan Galaxy A52 5G memiliki tambahan gyro-EIS yang berfungsi menjaga stabilitas saat merekam. .

Sistem fotografi Samsung Galaxy A32 5G dan A52 5G terdiri dari empat sensor, yaitu sensor lebar yang bertanggung jawab untuk mengambil gambar dengan rentang sudut lebar.

Kedua, sensor ultra-lebar memiliki tugas yang hampir sama dengan sensor lebar tetapi memiliki jangkauan yang lebih luas, ketiga adalah sensor makro untuk memotret objek kecil, dan terakhir sensor kedalaman untuk memberikan informasi tentang objek. .

Setelah melihat ukuran masing-masing sensor kamera belakang, kedua ponsel menemukan kekurangan. Samsung Galaxy A32 5G terhubung dengan sensor lebar 48 MP dengan bukaan f/1.8 dengan teknologi PDAF, sensor ultra lebar 8 MP dengan bukaan f/2.2, sensor makro 5 MP dengan bukaan f/2.4 dan kedalaman. sensor dengan resolusi 2 MP dengan aperture f. /2.4.

Sementara itu, pengaturan kamera utama Samsung Galaxy A52 5G menunjukkan peningkatan. Seperti sensor wide yang berukuran 64 MP dengan aperture f/1.8 dengan teknologi PDAF dan OIS, sensor ultra wide 12 MP yang memiliki aperture f/2.2 dan twin 5 MP dengan aperture f/2.4 untuk on- papan makro dan sensor kedalaman.

Sedangkan untuk kamera depan, Samsung Galaxy A32 5G dibekali sensor 13 MP dengan aperture f/2.2 disertai modul video 1080p@30fps.

Refensi : Berita Teknologi Terbaru